Insight

Sumpah Pemuda SE-Indonesia, Jakarta

 

Tepat 90 Tahun yang lalu, ratusan pemuda dari berbagai daerah dan latar belakang yang berbeda di Indonesia melakukan pembacaan sumpah setia kepada Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928. Terdapat 3 butir ikrar yang dibacakan atau lebih sering dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Pembacaan sumpah pemuda menjadi momentum penting persatuan bangsa yang mengantarkan kita pada perjalanan bersejarah untuk menjadi pemuda-pemudi dalam tanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu, bahasa Indonesia. Berkat momentum sumpah pemuda, bangsa Indonesia akhirnya dapat bergerak untuk merdeka dan menentukan nasib bangsanya sendiri.

 

Pada 28 Oktober mendatang kita akan memperingati kembali sumpah tersebut yang sudah memasuki usia 90 tahun. Namun, apakah Yooters sebagai pemuda-pemudi Indonesia masih saling menerapkan nilai-nilai persatuan yang ada dalam sumpah pemuda di dalam diri kita masing-masing? Nyatanya, banyak kasus-kasus yang membuktikan bahwa pemuda-pemudi Indonesia malah mempermasalahkan hal-hal perbedaan antar satu sama lain. Seperti kasus di bidang olahraga yang baru-baru ini terjadi. Dua fanatik klub sepak bola Indonesia yang berbeda pandangan, berakhir dengan kisah tragis. Atau mungkin perbedaan selera musik yang membuat kita mengkotak-kotakkan diri bahkan dengan teman-teman sepermainan kita sendiri. Kondisi ini justru sangat bertolak belakang dengan nilai-nilai yang berusaha ditanamkan oleh para pencetus sumpah pemuda yang berasal dari berbagai daerah yang berbeda-beda seperti Jong Java, Jong Celebes, Jong Sumatranen Bond, dan lain-lain.

 

Atas dasar hal tersebut, We The Youth bersama dengan puluhan komunitas di seluruh Indonesia membuat “Sumpah Pemuda Se-Indonesia” dalam rangka Sembilan puluh tahun Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2018 mendatang untuk sejenak meninggalkan perbedaan dan bersatu dalam cinta bagi Indonesia. Acara ini dilaksanakan secara serentak di 10 kota besar di Indonesia, di antaranya: Bandung, Jakarta, Makassar, Malang, Medan, Palembang, Pekanbaru, Solo, Surabaya, Yogyakarta. Dengan latar belakang komunitas yang berbeda-beda, acara ini dibuat untuk menumbuhkan semangat bebas berekspresi, bebas berkarya, dan bebas berkolaborasi yang seharusnya kita pupuk bersama agar menjadi kesatuan kembali. Di acara ini, kita juga akan membahas masalah pemuda-pemudi dari masing-masing kota dan akan mendeklarasikan kembali sumpah pemuda untuk kembali memupuk semangat yang telah diikrarkan dari 90 tahun lalu. Selain itu, untuk terus melanjutkan semangat Sumpah Pemuda, seluruh pemuda-pemudi juga akan diajak untuk mendeklarasikan komitmen bersama: meninggalkan perbedaan untuk terus bersama-sama bebas mengekspresikan karya dan berkolaborasi bersama. Seluruh bagian sejarah ini dilakukan secara serentak di 10 kota melalui teleconference. Sementara itu, untuk kalian yang tidak bisa hadir tetap dapat menjadi bagian dari sejarah secara Live melalui online streaming.

 

Acara di Jakarta sendiri adalah bentuk hasil kerja sama penggagas acara (Jakarta) yaitu We The Youth, Sinergi Muda, Campaign ID, dan Perempuan Politik.

 

Berlokasi di Go-Food Festival, Gelora Bung Karno, Senayan, ada banyak kegiatan seru yang bisa Yooters nikmati dalam acara Sumpah Pemuda Se-Indonesia di Jakarta! Lokasi terbagi menjadi 4 wilayah kegiatan: Zona Ekspresi, Zona Karya, Zona Kolaborasi dan Panggung Utama. Di Zona Ekspresi sendiri kamu bisa menemukan beragam kegiatan, mulai dari kegiatan olahraga hingga talkshow. Di pagi hari kita akan diajak untuk berolahraga bersama Hilyani Hidranto (Sana Studio) dalam sesi Pound Fit. Lalu di siang hari kita akan disuguhkan sebuah sharing session dengan tajuk “How to survive Gardu House” yang akan dipandu oleh Gardu House, sebuah kelompok kolektif para street artist. Di Zona Ekspresi sendiri, akan ada Panggung Utama yang akan menampilkan sederetan penampil ciamik yang terdiri dari penampilan tari K-pop dan juga penampilan musik. Menuju sore hari kita akan disuguhkan penampilan tari K-pop dari beberapa komunitas K-pop dance cover yaitu BTAce, Savior, Say Crew, dan juga Ascention. Bukan hanya itu, Invasion DC akan membawakan segmen sebuah permainan K-pop yang cukup terkenal yaitu K-pop Random Dance Play. Menuju deklarasi Sumpah Pemuda, akan ada penampilan dari sebuah band Jazz yang sudah cukup terkenal yaitu Maliq & D’Essentials. Mereka juga ikut mendeklarasikan sumpah pemuda bersama kamu. Di malam hari, kita juga akan disuguhkan penampilan musik oleh Kita Anak Negeri (sebuah yayasan yang bergerak di komunitas musik), Jakarta Beatbox Unite (komunitas beatbox Jakarta), Taman Suropati Chamber (komunitas pemusik di taman Suropati), serta juga ada penampilan dari band Sisitipsi yang namanya mencuat lewat lagu Aroma dia, Paling bisa, dan lainnya.

 

Di Zona Karya, Yooters bisa ikutan talkshow yang dipersembahkan oleh Pamflet Generasi bertajuk “Waktunya Diskusi: Di Setiap Kamu Ada Toleransi” yang akan mengundang 5 pembicara yaitu Jaleswari Pramodharwardani (Deputi V kantor Staf Presiden RI), Reza Nangin (Cameo Project), Nia Sjarifudin (Koordinator Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika), Umamah Nisaul Jannah (Pegiat perdamaian, PANDAI Indonesia), dan Nindya Putri Prameswari (Penghayat Sapto Dharmo).Selain itu ada juga kelas praktik desain scarf dengan tema “Melukis makna persatuan dalam keberagaman” oleh Kahanu. Kelas praktik lainnya yang ada di zona ini adalah Eco-bag workshop yaitu mendesain tas dengan bahan-bahan bekas dan daur ulang oleh Hey Startic.

 

Zona Kolaborasi diisi dengan kegiatan talkshow dan workshop di antaranya: Workshop: Design Thinking & Organize Your Campaign yang akan dibawakan oleh Campaign ID. Ada juga workshop “12 Nilai Perdamaian” yang akan mengajarkan kamu cara mempromosikan nilai perdamaian kepada pemuda oleh Campaign ID. Perempuan Politik juga akan membuat sebuah talkshow bertajuk “Perempuan Pegang Kendali” dengan pembicara Butet Manurung (Founder Sakola Rimba), Aria Widyanto (VP. Amartha Mikro Fintek), Ellen Nio (Country director, Patamar Capital). Nah, buat yang ingin bertanya dengan beberapa perwakilan 6 agama di Indonesia juga bisa ikutan kelas terbuka “Ask Me Anything” hasil kolaborasi Campaign ID dengan Toleransi ID.

 

Selain itu akan ada komunitas-komunitas yang bisa Yooters temui di tiap zona seperti: Animal Defenders Indo, Asean RBC, Yayasan Ayom Kumpul Indonesia, dan Indo Relawan.

 

 

Selain itu, akan ada dua aktivitas online yang bisa kamu ikuti di media sosial dan kamu berkesempatan memenangkan hadiah Go-Pay credit hingga total 21 juta Rupiah! Seriusan? Serius cyiiiin!

 

Yang pertama, kamu bisa mengikuti aktivitas #SumpahPemudaSeIndonesia. Caranya? Gampang banget!
1. Follow Instagram @wetheyouth.id

2. Saat acara berlangsung, share suasana acara di masing-masing tempat dalam bentuk Instagram Story

3. Mention @wetheyouth.id

4. Berikan hashtag #SumpahPemudaSeIndonesia

5. Masukkan lokasi acara berlangsung dengan fitur tag location pada Instastory

Kamu berkesempatan untuk memenangkan Go-Pay credit sebesar 50 ribu Rupiah dari aktivitas ini. Mantul! Mantap betuuul!

 

Yang kedua, kamu bisa mengikuti aktivitas #KomitmenPemuda. Caranya?
1. Follow Instagram @wetheyouth.id

2. Upload ke Instagram momen paling seru saat kamu datang ke acara Sumpah Pemuda SE-Indonesia di kotamu.

3. Pilih salah satu komitmen pemuda (yang dibacakan saat acara deklarasi) yang paling bisa kamu terapkan sebagai komitmen, dan tulis di caption foto.

4. Tag Instagram @wetheyouth.id dan berikan hashtag #SumpahPemudaSeIndonesia serta #KomitmenPemuda

5. Masukkan lokasi acara dengan fitur tag location

6. Mention 2 orang temanmu dan ajak mereka untuk ikut berkomitmen bersama bagi Indonesia.

Kamu berkesempatan untuk memenangkan Go-Pay credit sebesar 200 ribu Rupiah dari aktivitas ini. Wah? Gokiiiiiil!

 

Nah! Tunggu apalagi?
Mari tinggalkan perbedaan, satukan hati untuk cinta satu Indonesia.

Sumpah Pemuda SE-Indonesia, Jakarta.

Go-Food Festival, GBK, Senayan.

28 Oktober 2018. 10.00 - 21.00 WIB.

 

Untuk informasi lebih lanjut terkait detail acara, kunjungi:

https://www.instagram.com/wetheyouth

https://www.facebook.com/wetheyouth.id

OTHER EVENT


1685LineTodayafterevent.jpg
SERENTAK, PEMUDA-PEMUDI 10 KOTA DEKLARASIKAN SUMPAH PEMUDA!
Acara puncak dari perayaan 90 tahun Sumpah Pemuda kemarin adalah pembacaan deklarasi serentak di 10 kota. Di balik pembacaan deklarasi sumpah pemuda, tersirat makna membangun kembali semangat yang sudah ditanamkan para pencetus sumpah pemuda agar Indonesia
6217Untitled-1.jpg
SUMPAH PEMUDA SERENTAK 10 KOTA, Kota-mu ada nggak?
We The Youth bersama dengan puluhan komunitas di 10 kota di Indonesia membuat acara “SUMPAH PEMUDA SE-INDONESIA” dalam rangka memperingati 90 tahun sumpah pemuda. Kamu diundang untuk datang dan tinggalkan perbedaan sejenak untuk bersatu dalam cinta bagi In
6681photo2018-10-2615-19-35.jpg
Sumpah Pemuda SE-Indonesia, Jakarta
Berlokasi di Go-Food Festival, Gelora Bung Karno, Senayan, ada banyak kegiatan seru yang bisa Yooters nikmati dalam acara Sumpah Pemuda Se-Indonesia di Jakarta! Lokasi terbagi menjadi 4 wilayah kegiatan: Zona Ekspresi, Zona Karya, Zona Kolaborasi dan Pangg
2538photo2018-10-2615-19-39.jpg
Sumpah Pemuda SE-Indonesia, Makassar
Acara Sumpah Pemuda SE-Indonesia juga ada di Makassar lho! Dengan membawa latar belakang pertentangan karena perbedaan dan juga memanfaatkan momentum sumpah pemuda untuk menjadi sebuah tombak besar pembuktian bahwa anak muda Indonesia tidak akan berhenti b
2235photo2018-10-2615-19-37.jpg
Sumpah Pemuda SE-Indonesia, Malang
Acara Sumpah Pemuda SE-Indonesia juga ada di Malang lho! Acara ini adalah hasil kolaborasi dengan Ruang Perintis, sebuah ruang bagi komunitas untuk berkolaborasi, berkreasi, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Tema yang diangkat dalam acara ini

Get In touch


Gedung UOB Plaza Lt. 32,
Jl. M.H. Thamrin No. 10, Tanah Abang,
Kebon Melati, Jakarta Pusat 10230
hi@wetheyouth.id
+62 811-1608-078
Whatsapp us