Insight

Film-film berbahasa daerah ini menang banyak penghargaan Internasional lho!

Yooters! Kemarin kan kita udah liat seberapa kerennya bahasa Indonesia sampai musisi Internasional aja menggunakan bahasa Indonesia dalam karya mereka. 

Nah! Bukan cuma bahasa Indonesia doang yang keren, Yooters! Bahasa daerah Indonesia pun termasuk keren. Seperti yang akan We The Youth kupas tuntas hari ini: bahasa daerah dalam karya hingga Internasional! Kalau kemarin kita berbicara tentang musik, kali ini kita akan masuk ke zona perfilman. Ternyata, ada lho film-film Indonesia yang masih menggunakan bahasa daerah kental di dalam filmnya. Baik karena mengangkat cerita tentang budaya, atau memang berlatar belakang di sebuah daerah. Film-film berikut juga mendapatkan penghargaan baik dalam negeri maupun  di kancah Internasional. Yuk disimak!

 

  1. Ziarah (2016)

Film yang disutradarai oleh BW Purbanegara ini mengajak penontonnya untuk melihat kisah perjalanan Mbah Sri (Ponco Sutiyem) dalam mencari kuburan suaminya. Keseluruhan film menggunakan bahasa Jawa asli dengan subtitle bahasa Inggris untuk penonton Internasional. Kerennya, keseluruhan pemain di film ini bukan lah aktris papan atas. Semua pemainnya adalah warga lokal, termasuk pemeran utamanya. Film dan Skenario terbaik berhasil film ini sabet dalam ASEAN International Film Festival Awards (AIFFA) 2017 lalu.

 2. Prenjak (2017)

 

 

FIlm arahan sutradara muda, Wregas Bhanuteja ini, berhasil mendapatkan penghargaan Le Prix Découverte Leica Cine untuk film pendek terbaik yang mengalahkan berbagai film pendek dari berbagai negara di Festival Film Cannes 2016. Dengan mengedepankan cerita unik yang mengangkat isu sosial, ekonomi, serta budaya, film ini berhasil memikat mata penonton dunia. Dan oh! Film 12 menit ini full berbahasa Jawa lho, Yooters! Coba simak trailernya..

3. Siti (2014)

 

 

Termasuk film yang unik karena mengedepankan sinematografi hitam-putih, film yang disutradarai oleh Eddie Cahyono ini mendapatkan banyak penghargaan baik di dalam maupun luar negeri. Film yang bersetting di pinggir Jogja ini menggunakan bahasa Jawa di keseluruhan film. Dengan bahasa Jawa dan budaya yang masih kental, pemain yang total memainkan peran masing-masing, para penonton dibawa untuk merasakan kehidupan Siti (Sekar Sari). Di Indonesia sendiri, film ini mendapatkan 3 penghargaan di Festival Film Indonesia yaitu Film Terbaik, Skenario Terbaik, dan Musik Terbaik. Untuk penghargaan di luar negeri? Jangan ditanya. Dimulai dari penghargaan di Singapore International FIlm Festival 2014, Best Script dan Best Cinematography di Shanghai International Film Festival 2015, Jury Special Mention di Five Flavor FIlm Polandia, dan lain-lain. 

4. Turah (2016)

 

Film yang disutradarai oleh Wicaksono Wisnu Legowo ini menggunakan bahasa Tegal sebagai bahasa utamanya. Menceritakan tentang kehidupan sehari-hari masyarakat Kampung Tirang yang tidak punya kuasa atas kehidupan mereka sendiri, tidak tahu cara bermimpi, dan hidup di bawah dikte dan kekuasaan. Selalu merasakan kekalahan dan tidak pernah merasakan kemenangan. Film ini banyak juga menyabet penghargaan di Netpac Award, Bengaluru International FIlm Festival 2017, dan dinominasikan untuk Oscar pada kategori film bahasa asing.

 

Nah Yooters!
Sekarang udah tau kan seberapa kerennya bahasa Indonesia dan bahasa daerah Indonesia? 

Nggak ada salahnya kita sebagai bangsa Indonesia semakin menajamkan pengetahuan kita tentang bahasa Indonesia dan selalu membudayakan bahasa daerah kita agar terus terjaga.
Jangan lupa juga, sebentar lagi bakalan ada momen Sumpah Pemuda di mana kamu bisa buktikan bahwa bahasa Indonesia memang sebuah kebanggaan bagi negeri ini dan sekeren itu! 

#BahasakuBahasamu

OTHER EVENT


1685LineTodayafterevent.jpg
SERENTAK, PEMUDA-PEMUDI 10 KOTA DEKLARASIKAN SUMPAH PEMUDA!
Acara puncak dari perayaan 90 tahun Sumpah Pemuda kemarin adalah pembacaan deklarasi serentak di 10 kota. Di balik pembacaan deklarasi sumpah pemuda, tersirat makna membangun kembali semangat yang sudah ditanamkan para pencetus sumpah pemuda agar Indonesia
6217Untitled-1.jpg
SUMPAH PEMUDA SERENTAK 10 KOTA, Kota-mu ada nggak?
We The Youth bersama dengan puluhan komunitas di 10 kota di Indonesia membuat acara “SUMPAH PEMUDA SE-INDONESIA” dalam rangka memperingati 90 tahun sumpah pemuda. Kamu diundang untuk datang dan tinggalkan perbedaan sejenak untuk bersatu dalam cinta bagi In
6681photo2018-10-2615-19-35.jpg
Sumpah Pemuda SE-Indonesia, Jakarta
Berlokasi di Go-Food Festival, Gelora Bung Karno, Senayan, ada banyak kegiatan seru yang bisa Yooters nikmati dalam acara Sumpah Pemuda Se-Indonesia di Jakarta! Lokasi terbagi menjadi 4 wilayah kegiatan: Zona Ekspresi, Zona Karya, Zona Kolaborasi dan Pangg
2538photo2018-10-2615-19-39.jpg
Sumpah Pemuda SE-Indonesia, Makassar
Acara Sumpah Pemuda SE-Indonesia juga ada di Makassar lho! Dengan membawa latar belakang pertentangan karena perbedaan dan juga memanfaatkan momentum sumpah pemuda untuk menjadi sebuah tombak besar pembuktian bahwa anak muda Indonesia tidak akan berhenti b
2235photo2018-10-2615-19-37.jpg
Sumpah Pemuda SE-Indonesia, Malang
Acara Sumpah Pemuda SE-Indonesia juga ada di Malang lho! Acara ini adalah hasil kolaborasi dengan Ruang Perintis, sebuah ruang bagi komunitas untuk berkolaborasi, berkreasi, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Tema yang diangkat dalam acara ini

Get In touch


Gedung UOB Plaza Lt. 32,
Jl. M.H. Thamrin No. 10, Tanah Abang,
Kebon Melati, Jakarta Pusat 10230
hi@wetheyouth.id
+62 811-1608-078
Whatsapp us