Insight

Indeks Pembangunan Pemuda 2017: Investasi Strategis Pemerintah Indonesia untuk Mengembangkan Potensi Pemuda di Indonesia

Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, 13 Juli 2018 – Pembangunan pemuda merupakan agenda strategis Indonesia dalam rangka mempersiapkan generasi masa depan yang tangguh dan mampu berperan dalam pembangunan bangsa secara keseluruhan. Inilah salah satu kesimpulan dari Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) 2017 yang diluncurkan pada hari ini oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). IPP ini dikembangkan oleh Bappenas bersama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan didukung oleh United Nations Population Fund (UNFPA). Nilai penting IPP semakin kuat apabila dihubungkan dengan fenomena bonus demografi yang tengah dan akan dialami Indonesia saat ini hingga beberapa tahun ke depan. IPP juga memberikan informasi berharga tentang sebaran demografi suatu negara, dan menjadi suatu tolak ukur untuk berbagai kebijakan dan program yang berkaitan dengan pembangunan pemuda yang selama ini telah dimulai oleh pemerintah.

“Pembangunan pemuda merupakan agenda strategis dalam mempersiapkan generasi masa depan yang tangguh dan mampu berperan dalam pembangunan bangsa, serta memanfaatkan peluang demografi. Indeks Pembangunan Pemuda adalah sebuah instrumen untuk memberikan gambaran kemajuan pembangunan pemuda di Indonesia,” disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Prof. Dr. Bambang Brodjonegoro dalam acara peluncuran IPP. “Sebagai amanat dari Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2017 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan, buku IPP Indonesia tahun 2017 dapat pula menjadi acuan dalam rangka koordinasi lintas sektor penyelenggaraan kepemudaan, baik di tingkat pusat maupun daerah,” Menteri Bambang menambahkan.

IPP atau Youth Development Index (YDI) mencakup lima domain, yakni pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan, lapangan dan kesempatan kerja, partisipasi dan kepemimpinan, serta gender dan diskriminasi. “Kelima domain ini memiliki relevansi dengan lima hak setiap pemuda sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Kepemudaan. Kelima hak itu adalah perlindungan, khususnya dari pengaruh destruktif; pelayanan dalam penggunaan prasarana dan sarana kepemudaaan tanpa diskriminasi; advokasi; akses untuk pengembangan diri; serta kesempatan berperan serta dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi, dan pengambilan keputusan strategis program kepemudaan,” disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Narwawi.

 

Laporan ini menunjukkan bahwa pembangunan pemuda mengalami sejumlah kemajuan. Dalam rentang nilai 0-100, tingkat IPP tahun 2016 mencapai 50,17, meningkat dari tahun sebelumnya yang sebesar 47,33 poin. Domain pendidikan memiliki nilai indeks terbaik di antara lima domain IPP dalam dua tahun berturut- turut, karena sumbangan kuat dari Angka Partisipasi Kasar (APK) sekolah menengah dan rata-rata lama sekolah. Domain ini meraih nilai 63,30 selama 2015-2016. Dari sisi perubahan nilai indeks, domain gender dan diskriminasi mengalami peningkatan yang terbesar. Indeks gender dan diskriminasi naik dari 36,67 menjadi 43,33 sepanjang tahun 2015-2016. Hal ini terjadi karena perbaikan indikator perkawinan usia anak dan pemuda perempuan bekerja di sektor formal. Meskipun domain lapangan dan kesempatan kerja tercatat sebagai domain dengan perbaikan terbesar kedua, domain ini masih membutuhkan perhatian khusus karena domain ini adalah domain terlemah dengan indeks 35 dan 40 sepanjang dua tahun.

 

Menurut Kepala Perwakilan UNFPA di Indonesia, Dr. Annette Sachs Robertson, “YDI menjadi penting karena akan membuka kesempatan bagi pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya di tingkat nasional dan provinsi untuk menilai efektivitas kebijakan dan program saat ini yang berfokus kepada pemuda, khususnya di bidang yang berkaitan dengan pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia. Kebijakan yang mendukung dapat berkontribusi pada upaya generasi muda dan pemerintah untuk mengakhiri kemiskinan antar generasi, buta huruf, pernikahan anak, kehamilan remaja, kekerasan berbasis gender dan kekerasan seksual, dan ketidaksetaraan gender.”

Secara keseluruhan, sebagian besar provinsi mengalami kemajuan. Tercatat 30 provinsi mengalami perubahan positif dalam IPP. Pada tahun 2016, Daerah Istimewa Yogyakarta menempati peringkat pertama untuk IPP secara keseluruhan dan mendapatkan indeks tertinggi pada domain pendidikan, domain partisipasi dan kepemimpinan, serta domain gender dan diskriminasi. Setidaknya ada enam provinsi yang melakukan lompatan besar, termasuk Provinsi Sulawesi Utara yang mengalami lompatan terbesar dari tahun 2015 ke 2016 karena menurunnya tingkat kesakitan pemuda dan kehamilan remaja.

“Kami berharap agar IPP dapat menjadi salah satu rujukan dalam memberikan rekomendasi terkait kebijakan dan strategi pembangunan pemuda di Indonesia,” ungkap Dr. Ir. Subandi M.Sc, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Bappenas. “Semoga publikasi ini bermanfaat bagi semua pihak, terutama yang berkepentingan dalam membentuk dan mengembangkan pemuda yang berakhlak mulia, sehat, tangguh, cerdas, mandiri, dan profesional,” tambahnya.

Pada launching IPP, perwakilan pemuda, artis, dan aktivis muda Tasya Kamila menyambut positif adanya IPP ini. Menurutnya, “IPP dapat menjadi sumber data yang bisa digunakan oleh organisasi kepemudaan dan pemimpin muda di Indonesia untuk dapat mengadvokasikan isu yang penting bagi mereka. Selain itu IPP juga dapat digunakan sebagai sumber data untuk melakukan riset oleh pelajar Indonesia dan sebagai benchmark untuk melihat isu strategis kepemudaan di tanah air termasuk apa saja yang telah dilakukan secara baik dan apa yang masih perlu diperbaiki secara bersama.”

 

______________________________________________________________________________

Tentang Kementerian PPN/Bappenas: Bappenas adalah lembaga pemerintah pusat Indonesia yang memiliki tugas untuk menyelenggarakan urusan di bidang perencanaan pembangunan nasional. Bappenas juga memiliki tanggung jawab untuk mengkoordinasikan pembangunan internasional, termasuk kerjasama bilateral, unilateral dan multilateral.

Tentang UNFPA: UNFPA, United Nations Population Fund - Dana Kependudukan Perserikatan Bangsa-Bangsa, memiliki misi untuk untuk memberikan dunia di mana setiap kehamilan diinginkan, setiap persalinan aman dan setiap potensi generasi muda terpenuhi. UNFPA bekerja untuk mengakhiri kebutuhan yang belum terpenuhi untuk keluarga berencana, mengakhiri kematian ibu yang dapat dicegah dan mengakhiri kekerasan berbasis gender dan praktik-praktik berbahaya melalui kehadiran di lebih dari 150 negara di dunia.

Press Contact:

● Bappenas: Direktorat Keluarga, Perempuan, Anak, Pemuda dan Olahraga - kpapo@bappenas.go.id.

● UNFPA: Ms. Margaretha Sitanggang, National Programme Officer for Youth and ASRH – sitanggang@unfpa.org.

 

OTHER EVENT


1685LineTodayafterevent.jpg
SERENTAK, PEMUDA-PEMUDI 10 KOTA DEKLARASIKAN SUMPAH PEMUDA!
Acara puncak dari perayaan 90 tahun Sumpah Pemuda kemarin adalah pembacaan deklarasi serentak di 10 kota. Di balik pembacaan deklarasi sumpah pemuda, tersirat makna membangun kembali semangat yang sudah ditanamkan para pencetus sumpah pemuda agar Indonesia
6217Untitled-1.jpg
SUMPAH PEMUDA SERENTAK 10 KOTA, Kota-mu ada nggak?
We The Youth bersama dengan puluhan komunitas di 10 kota di Indonesia membuat acara “SUMPAH PEMUDA SE-INDONESIA” dalam rangka memperingati 90 tahun sumpah pemuda. Kamu diundang untuk datang dan tinggalkan perbedaan sejenak untuk bersatu dalam cinta bagi In
6681photo2018-10-2615-19-35.jpg
Sumpah Pemuda SE-Indonesia, Jakarta
Berlokasi di Go-Food Festival, Gelora Bung Karno, Senayan, ada banyak kegiatan seru yang bisa Yooters nikmati dalam acara Sumpah Pemuda Se-Indonesia di Jakarta! Lokasi terbagi menjadi 4 wilayah kegiatan: Zona Ekspresi, Zona Karya, Zona Kolaborasi dan Pangg
2538photo2018-10-2615-19-39.jpg
Sumpah Pemuda SE-Indonesia, Makassar
Acara Sumpah Pemuda SE-Indonesia juga ada di Makassar lho! Dengan membawa latar belakang pertentangan karena perbedaan dan juga memanfaatkan momentum sumpah pemuda untuk menjadi sebuah tombak besar pembuktian bahwa anak muda Indonesia tidak akan berhenti b
2235photo2018-10-2615-19-37.jpg
Sumpah Pemuda SE-Indonesia, Malang
Acara Sumpah Pemuda SE-Indonesia juga ada di Malang lho! Acara ini adalah hasil kolaborasi dengan Ruang Perintis, sebuah ruang bagi komunitas untuk berkolaborasi, berkreasi, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Tema yang diangkat dalam acara ini

Get In touch


Gedung UOB Plaza Lt. 32,
Jl. M.H. Thamrin No. 10, Tanah Abang,
Kebon Melati, Jakarta Pusat 10230
hi@wetheyouth.id
+62 811-1608-078
Whatsapp us